PEMAIN SEPAK BOLA

CRISTIANO RONALDO

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro (lahir di Funchal, Portugal, 5 Februari 1985; umur 24 tahun) adalah seorang pemain sepak bola asal Portugal. Ia dikenal sebagai pemain sayap dari Manchester United dari 2003-2009 sebelum pindah ke Real Madrid pada 1 Juli 2009 dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta poundsterling menjadikannya sebagai pemain termahal dalam sejarah sepak bola. Ia biasa bermain sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Ia mulai dipanggil ke Timnas Portugal sejak tahun 2003.

Ronaldo Lahir di Madeira, Portugal, anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan, Elma dan Liliana Cátia. Liliana Bekerja sebagai penyanyi dengan nama panggung "Ronalda" di Portugal.[rujukan?] Nama kedua yang diberikan kepada Cristiano ("Ronaldo") relatif langka di Portugal.[rujukan?]

Ronaldo adalah pemain sepak bola yang dapat bermain dengan kedua kakinya[rujukan?], yang membuat dia dapat bermain di mana saja: kanan, kiri atau melalui tengah. Ini mengakibatkan Ronaldo dan rekannya sesama pemain sepak bola di Manchester United Ryan Giggs dapat saling bertukar posisi.

Ronaldo memiliki kemampuan teknik yang hebat.[rujukan?] Di samping gerakan multi step-over, dia juga mengembangkan banyak kemampuan lainnya, membuat dia sangat lincah dan sebagai pemain sayap yang tidak dapat diprediksikan gerakannya. Disamping kemampuan mengolah bolanya yang luar biasa, dia juga piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati, itulah yang membuatnya menjadi salah satu pemain yang paling berbahaya bagi lawannya, dia dapat mencetak gol dengan cara apapun.

Masa kecil
Cristiano Ronaldo bersama Martunis, saat mengunjungi Aceh paska Tsunami

Cristiano sejak kecil merupakan kesayangan keluarganya, dia selalu mendapat dukungan dari keluarganya dalam segala hal.Baik dalam hal karir maupun lainnya, dia dikenal anak yang selalu ingin menang. Di sekolahnya dia menggemari sepak bola, dia selalu punya akal agar dapat bermain bola. Jika dia tidak menemukan bola, maka ia akan membuat bola dari gulungan kaos kaki teman-temannya.Ia sering dipukuli oleh teman2nya, karena teman2nya yang lebih besar merasa dilecehkan oleh kemampuanya. Ia termasuk anak yang bandel dan bodoh dalam pelajaran. Namun karena bakat bermain sepak bolanya yang luar biasa, orang tuanya membiarkan saja dan terus mendukungnya menjadi pemain sepak bola

LIONEL MESSI

Penyerang klub Barcelona Lionel Messi terpilih sebagai pemain terbaik Eropa 2009. Ia pun mendapatkan Golden Ball atau Ballon d’Or 2009, demikian tertulis dalam situs France Football, Selasa (1/12) pagi WIB.
Ia menjadi pemain Barcelona keenam yang menerima penghargaan tersebut sekaligus menjadi yang pertama sejak Ronaldinho, striker Barcelona asal Brasil, yang dianugerahi pada 2005. Messi juga menjadi pemain bola asal Argentina pertama yang dianugerahi Ballon d’Or.
Messi berhasil mengalahkan pemenang tahun lalu, Cristiano Ronaldo, yang kini bertengger pada posisi kedua dalam hasil jajak pendapat. Messi adalah pencetak skor terbanyak dalam Liga Champions tahun lalu dengan sembilan gol, termasuk gol istimewa yang dicetaknya ke gawang Manchester United di final.
Pemain berusia 22 tahun itu mengawali debutnya sebagai pesepakbola terbaik eropa dengan menempati posisi ketiga pada 2007 sebelum naik ke posisi kedua tahun lalu.
Yang mengagumkan, Messi meraih skor tertinggi sepanjang sejarah kompetisi yang sangat bergengsi ini. Dari 480 poin yang mungkin diraih, Messi mendapat skor 473 poin. Ini sebuah rekor baru. Selisih dari pemain yang berada di posisi kedua yakni Cristiano Ronaldo cukup jauh. Pemain Portugal ini hanya berhasil meraih 233 poin.
Sebetulnya, hasil jajak pendapat itu baru akan diumumkan pada Selasa (1/12). Tetapi pesan dari France Football yang muncul singkat di jejaring sosial Facebook, sebelum dihapus beberapa detik kemudian, menyatakan Messi telah terpilih sebagai pemenang. Penghargaan Ballon d’Or 2009 akan diberikan pada Messi dalam gala event di Paris, Minggu (4/12).
Barcelona, pemegang beberapa gelar Eropa, menempatkan empat pemainnya termasuk Messi pada deretan sepuluh finalis Ballon d’Or yang diumumkan Minggu (29/11). Sepuluh finalis, yang dijaring dari daftar awal berisi 30 kandidat hasil pilihan para jurnalis, diumumkan sesuai deretan abjad pada situs France Football.
Sebagai pemenang penghargaan, yang dianugerahkan oleh France Football berdasarkan voting oleh sebuah panel jurnalis dari seluruh dunia, Messi menjadi pemenang Ballon d’Or termuda setelah Michael Owen yang memenangi penghargaan tersebut ketika baru berusia 21 tahun pada 2001.
Dua gelandang Barca, yakni Andres Iniesta dan Xavi, juga jadi kandidat. Tetapi Messi lebih diunggulkan. Munculnya nama Messi sebagai penerima Ballon d’Or 2009 yang diumumkan pada Senin (30/11) malam dianggap tidak mengejutkan. Messi, striker Barcelona asal Argentina, sejak awal diunggulkan di posisi teratas untuk meraih anugerah Ballon d’Or 2009 menggantikan Ronaldo.
Memukau
Permainan memukau Messi dinilai sejumlah kalangan membantu Barcelona mengalahkan Real Madrid dengan skor 1-0 dalam duel panas “El Clasico” di Camp Nou, Minggu (29/11). Pemain pengganti, Zlatan Ibrahimovic, memang berhasil mencetak gol pada menit ke-56 yang membawa kemenangan bagi Barcelona.
Tetapi, penampilan Messi berhasil menyita perhatian dunia dengan kecepatannya berlari mengejar bola, umpan-umpan cerdas, serta kontrol bola yang luar biasa, setelah sebelumnya ia sempat diragukan dapat turun bermain di “El Clasico” itu akibat cedera paha. Sayang Messi tidak dapat mencetak gol karena kiper Madrid Iker Casillas juga tampil menawan dalam laga tersebut


RICARDO KAKA'

Kabar buruk bagi Real Madrid. Gelandang andalan mereka, Ricardo Kaka, mengalami masalah hernia dan kemungkinan besar absen saat Real Madrid mengarungi partai terakhir penyisihan grup Liga Champions melawan tuan rumah Marseille pekan depan.

Tim medis Real Madrid sebelumnya sudah memastikan kalau eks pemain Milan tersebut tidah masuk dalam skuad El Real untuk pertandingan Liga Spanyol melawan Almeria akhir pekan ini. Sedangkan soal Liga Champions, tim medis belum bisa memberikan kepastian apakah dia bisa tampil atau tidak pekan depan.

Pertandingan melawan Marseille di kandang lawan pada Selasa (8/12) nanti memang tidak begitu berat bagi Real Madrid. Mereka hanya membutuhkan hasil imbang, ataupun kalau kalah tak boleh kalah lebih dari tiga gol, untuk memastikan diri lolos ke babak perdelapanfinal.

Dari lima pertandingan yang telah dimainkan, Madrid mengoleksi 10 poin dan memimpin di Grup C, dengan keunggulan dua poin atas peringkat kedua AC Milan, dan tiga poin atas Marseille.

Real Madrid akan tersingkir jika mereka kalah 0-4 dari Marseille pekan depan, itu pun dengan syarat Milan menang lawan Zurich di partai lainnya. Jika Milan bermain imbang atau kalah dari Zurich, maka Real Madrid lolos sekalipun kalah besar dari Marseille.

0 komentar:

Posting Komentar