MOTOR GP

VALENTINO ROSSI









Valentino Rossi (lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 30 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan, dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarir.Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Menurut majalah olah raga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di duunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGPSetelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada 1996 untuk Aprilia di antara 125 cc kategori dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan 250cc Kejuaraan Dunia pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan melanjutkan kemenangan beruntunnya dengan memenangkan kejuaraan dunia 2004 dan 2005, setelah meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Yamaha, sebelum merebut kembali gelar pada 2008 dan mempertahankannya di tahun 2009.Rossi adalah yang pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500 cc / MotoGP, dengan 77 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 103 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122).





JORGE LORENZO









Valentino Rossi menjadi juara dunia motoGP. Namun musim depan, Lorenzo siap merebut gelar itu dari tangan rekan setimnya di Fiat Yamaha tersebut. Ya, 2010 Lorenzo menargetkan menjadi juara dunia.Lorenzo berjanji tampil lebih bagus lagi. Dia mengaku akan belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukannya musim lalu. "Tahun ini, saya meraih prestasi terbaik sepanjang karier, karena menjadi runner-up MotoGP. Tetapi tahun depan, target saya tentu saja menjadi juara dunia. Saya telah memelajari kesalahan-kesalahanku sehingga musim depan tidak terjadi lagi," ungkap Lorenzo di Jakarta, Senin, 30 November. Pada musim 2009 Lorenzo menjadi rival terberat Rossi. Lorenzo sempat menempel ketat rekannya tersebut. Namun dia gagal mendapatkan poin di empat seri, sehingga Rossi tidak tertandingi. Rossi pun memastikan gelar juara dunia saat bertanding di Sepang, Malaysia. Lorenzo enggan berkomentar soal pernyataan Rossi yang menginginkannya hengkang dari Yamaha. Pembalap Spanyol tersebut menyerahkan masalah tersebut kepada Yamaha. Dia tidak mau memperkeruh suasana. "Saya menghormati Rossi sebagai juara dunia sembilan kali," ungkap mantan juara dunia dua kali kelas 250cc ini. Ya, dalam sebuah kesempatan, Rossi pernah memberi opsi kepada Yamaha. Rossi menginginkan Lorenzo didepak, atau dia yang hengkang. Bahkan Rossi sudah menyebut bahwa tim Ducati siap menampungnya
Valencia - Persiapan pramusim Jorge Lorenzo terpaksa terganggu setelah pembalap Yamaha itu diharuskan beristirahat sepuluh hari untuk pemulihan pascaoperasi pada hari Senin (16/11).
Runner-up Moto GP 2009 itu menjalani operasi untuk mengambil plat titanium yang terpasang di tulang selangkanya.
Plat itu harus dipasang di tulang bagian atas dadanya setelah pembalap asal Spanyol itu mengalami tabrakan dengan Alex de Angelis pada GP Katalunya 2005, saat masih bertanding di kelas 250 cc. Kecelakaan itu menyebabkan retak di dua bagian tulang selangka Lorenzo.
Cederanya diperparah saat ia mengalami cedera di bahu pada tes pacalomba di Valencia.
Pembalap berusia 22 tahun itu harus beristirahat selama sepuluh hari dan menunda program latihan jelang musim balap berikutnya.[boy]

CASEY STONER

Casey Stoner (lahir di Kurri-Kurri, New South Wales, Australia, 16 Oktober 1985; umur 24 tahun) adalah seorang pembalap Moto GP. Ia memulai debut balap GP motor sebagai pembalap wild card di sirkuit Donington Park, GP Inggris kelas 125cc pada tahun 2001.
Pada tahun 2002 ia turun penuh di kelas 250cc bersama tim Safilo Oxydo Race-LCR menggunakan motor Aprilia RSW250. Musim 2003, masih di tim Safilo Oxydo Race-LCR, ia kembali ke kelas 125cc dan berada di peringkat 15 dengan 34 poin.
Tahun 2004 ia pindah tim ke Red Bull KTM dan berhasil memperbaiki posisi ke peringkat 14 dengan 50 poin. Tahun 2004, Stoner pindah demi membantu pengembangan motor KTM di kelas 125cc. KTM dibawanya enam kali tampil di podium. Untuk kali pertama, KTM meraih juara.
Di tahun 2005, pembalap yang sering menggunakan nomor 27 ini kembali ke kelas 250cc bersama tim Carrera Sunglasses-LCR dan merebut runner-up GP 250cc. Musim 2006 Stoner naik ke kelas MotoGP dan bergabung dengan tim Fortuna LCR Honda.
Musim 2007 Stoner direkrut oleh Ducati Marlboro Team untuk menggantikan Sete Gibernau yang pensiun di akhir 2006. Bersama Ducati, ia menjadi juara di Grand Prix Qatar, Turki, Shanghai, Catalunya, Donington, Brno, Laguna Seca, Sepang, Philip Island. Memimpin klasemen Juara Dunia dengan nilai 367, dengan Valentino Rossi di tempat ketiga dan di tempat kedua yaitu Dani Pedrosa.

0 komentar:

Posting Komentar